animasi-bergerak-sepeda-motor-0001

Minggu, 13 September 2015

Honda RC166, Mahakarya Honda

Honda RC166, Mahakarya Honda Jawara ditangan Mike Hailwood 

 

Sejak pertamakali Honda ikut serta dalam kejuaraan dunia balap motor Grand Prix tahun 1959, disiapkanlah motor jagoannya dengan mengusung kode RC. Motor yang pertama kali dipersiapkan untuk balap  pada waktu itu adalah RC71.
HJrc71
Type of engine Air-Cooled 4-st. Twin OHC 2-Valve Chain Train
Engine displacement 247.33cc
Maximum power over 24PS / 8,800rpm
Maximum speed over 180km/h
Transmission 4-Speed
Dari seri RC71 inilah kemudian berkembang menjadi RC-RC yang lain hingga sampai pada motor yang kita kenal sekarang di MotoGP yaitu RC213V. Sebenarnya tiap kode RC sangat asyik jika dibahas satu persatu, berhubung sangat buanyaak…mungkin lain kali saja. Itupun kalau ingat, kalau sempat dan kalau ada yang berminat. :mrgreen:
Kita skip cerita persaingan di awal-awal Grand Prix, sekitar tahun 1964 mesin balap Honda mendapatkan perlawanan oleh rival abadi mereka Yamaha di kelas 250cc. Jagoan yamaha waktu itu Yamaha RD56 mesin 2Stroke Twin Cylinder.
Yamaha RD56
Pada Tahun tersebut, secara rutin Yamaha RD56 mengalahkan Honda yang memakai motor RC164 4Stroke 4 Cylinder. Melihat kenyataan tersebut, para insinyur Honda mendapat tugas untuk merancang ulang platform mesin 250cc  mereka. Seorang Insinyur muda berusia 24 tahun bernama Soichiro Irimajiri terlibat dalam pengembangan mesin 250cc tersebut. Sang insinyur (Iri-san) memberi solusi yang sederhana. Yaitu tambah jumlah silinder! :shock:
Akhirnya dibuatlah 3RC164 dimana untuk pertamakalinya Honda mengaplikasikan mesin 6 silinder inline pada motor balap mereka.
3rc164-2
Mesin 3RC164 tersebut disebut juga dengan RC165 (ada ceritanya dibawah). Mesin RC165 yang dia ciptakan menggunakan 6 Cylinder, 6 karburator dan 24 valve. Sungguh sebuah masterpiece teknologi!
honda-rc166-4
sebesar ini Piston dan con rod-nya :mrgreen:200508291516220_Honda RC166 250cc 6-Cyl_ Piston and Rod
Ini mesin utuhnya…
cbx-motor-rc166-1966-1
Mesin 6 silinder tersebut tidak jauh berbeda dimensinya dibandingkan yang 4 silinder, bahkan hanya beti alias beda tipis daripada mesin rival mereka Yamaha.
honda-rc166-2
ADVERTISEMENT
Motor Honda bermesin 6 silinder tersebut secara rahasia melakukan debut balap di sirkuit Monza Italia. Dia didaftarkan menggunakan kode 3RC164 untuk meyakinkan rival bahwa mesin yang dipakai hanya merupakan evolusi dari mesin 4 silinder. Bahkan Honda sampai membuat kamuflase dengan tetap memasang empat pipa knalpot seperti pada mesin RC163 untuk menyembunyikan identitasnya. Tidak ada orang yang memperhatikan motor baru tersebut, hingga pada saat dilakukan latihan resmi pertama (First Practice) pembalap Jim Redman menyalakan mesinnya. Seketika terdengar suara mesin 6 silinder yang memekakkan telinga, dan orang-orang baru mengetahui bahwa ada sesuatu yang istimewa di motor tersebut. :D
rc166-1
Dengan kecepatan yang melampaui 150Mph/241.5Kmh motor Honda  RC165 6 silinder ini mempu melibas motor Yamaha RD56 twin silinder dengan mudah. Tapi timbul masalah pada motor ini, dengan kecepatan yang begitu tinggi dan tenaga yang begitu besar motor ini menjadi liar dan susah untuk dikendalikan. :lol:
Baru pada tahun 1966, motor ini mencapai masa jayanya. Hal tersebut tidak terlepas dari peran seorang Mike Hailwood sebagai ridernya. Setelah sebelumnya dia mengendarai MV Agusta 250 Bialbero pada tahun tersebut dia kembali ke Honda. Ditangan Mike Hailwood tenaga liar RC165 6 Cylinder tersebut berhasil dijinakkan.
Setelah pertama mencoba, dia meminta mekanik untuk mengganti suspensi belakang dengan buatan Girlings. Hailwood juga meminta frame didesain ulang dengan pipa tabung yang lebih rigid dan wheelbase diperpanjang 3,5 inci. Selain itu ada penambahan pendinginan berupa oil cooled dan sirip mesin (fin).
23
Penyempurnaan pada generasi kedua RC166 terbukti memberikan hasil yang menggembirakan. Mike Hailwood menjuarai seri pertama grand prix di Barcelona dan terus konsisten sepanjang musim. Hasilnya Mike Hailwood menjadi juara dunia balap motor GP 1966 dengan 10 kemenangan dalam 10 race. Dan dia mengulanginya lagi di Tahun 1967.
Hailwood1967
Dominasinya pada balap motor hampir mendekati kesempurnaan untuk juara dunia ke tiga kalinya pada Tahun 1968. Tapi pada bulan februari 1968 Honda mengumumkan akan menarik diri dari kejuaraan balap motor untuk konsentrasi pada balap mobil formula 1. :sad:
Honda RC166
honda-rc166-1
Tech Spec
Engine type a/o-c inline-six
Valve train DOHC, 24v
Displacement 249.4cc
Bore x stroke 41.0 x 31.0mm
Compression 11.0:1
Fuel system (6) Keihin 22mm carburetors
Transmission 7-speed
Claimed horsepower 61 bhp @ 18,000rpm
Claimed torque na
Frame Tubular-steel open duplex
Front suspension Telescopic fork
Rear suspension Twin Girling shocks
Front brake 9-in. four-leading-shoe drum
Rear brake 8-in. two-leading-shoe drum
Front tire 18 x 3.0 Dunlop KR124
Rear tire 18 x 3.5 Dunlop KR124
Rake/trail na
Seat height na
Wheelbase 55.5 in.
Fuel capacity na
Claimed curb weight 260 lbs.
Color Red/silver
Evolution
A better-handling evolution of the RC165, powered by the same 250cc, 18,000-rpm inline-six.
Rivals
Aermacchi 250 RR, MV Agusta 250 Bialbero, MZ RE 250, Yamaha RD56, Suzuki RZ66

Tidak ada komentar:

Posting Komentar